Minggu, 27 Oktober 2013

testimoni tentang proses uts kita ini dikaitkan dengan teori kreativitas 4P


Person:
Pandangan terhadap masalah dan kepribadian sangat berpengaruh terhadap aspek person. Jika pribadi merupakan orang yang tepat waktu, dan ingin mengerjakan soal sebaik mungkin, pengerjaan soal ini akan sangat mudah. Lain hal nya dengan saya yang agak ‘leler’, kesulitan membagi waktu dan menentukan prioritas utama yang akan dikerjakan. Akhirnya jadi cemas karena jawaban saya harus menunggu antrian untuk direspon.

Press:
Sejak awal akan dilaksanakannya UTS online ini, Ibu sudah mengingatkan kami untuk mengerjakannya sebaik mungkin, mengingat waktu yang diberikan sangat-sangat terbatas. Ini merupakan press eksternal yang akhirnya membuat saya sadar akan tanggung jawab. Selain itu, saya juga harus memiliki pressinternal dari dalam diri saya agar saya memiliki kemauan untuk menjawab dengan sebaik-baik dan semaksimal mungkin. press”  atau dorongan, baik dorongan internal (dari diri sendiri berupa keinginan dan hasrat untuk mencipta atau bersibuk diri secara kreatif) maupun dorongan eksternal dari lingkungan sosial dan psikologi (Munandar, 2009).

Process:
Soal yang diberikan sangat aplikatif dan membuat saya untuk berfikir  secara divergen. Proses persiapan tentu saja dengan menantikan soal dari ibu dan mempersiapkan bahan referensi yang akna digunakan untuk menjawab. Memasuki tahap inkubasi, saya cukup lama untuk memilah-milah teori mana yang relevan untuk membahas soal ini. Kemudian tahap iluminasi, disini saya sudah mengetahui teori apa yang akan saya gunakan dan mulai mempersiapkan penulisan jawaban. Dan tahap verifikasi, disini saya biasanya membaca ulang tulisan yang telah saya buat.

Product
Barron (dalam Munandar, 2009) menyatakan bahwa produk kreatif merupakan hasil kreativitas, yaitu kemampuan menciptakan sesuatu yang baru. Selain jawaban yang telah saya ciptakan, product disini juga termasuk lah nilai skor UTS yang ibu kirimkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar